Mudik, Spesialisasi Makna Jokowi yang Mendahului KBBI

471 Views

Pak Jokowi tidak sendirian mengartikan mudik seperti itu. Saya pun memahami mudik sebagai gejala sosial, peristiwa kultural penting dalam tradisi masyarakat muslim Indonesia.

Tradisi tersebut adalah merayakan idul fitri bersama keluarga besar. Untuk bisa berkumpul bersama keluarga, sebagian orang harus pindah dari kota domisili ke kampung halaman. Saat itulah mereka mereka disebut mudik.

Sejauh ingatan, saya tidak pernah mendengar seseorang menyebut dirinya mudik untuk aktivitas pulang ke kampung halaman yang bukan demi merayakan idul fitri.

Memang, ketika memaknai mudik secara lebih sempit lagi, Pak Jokowi melangkahi KBBI. Tetapi sudah lazim pula, apa yang dipraktikkan masyarakat mendahului perumusan baku.

Lihat saja kata ‘guru’ yang dalam KBBI pengertiannya masih sebagai “orang yang pekerjaannya (mata pencahariannya, profesinya) mengajar.” Dalam penggunaan sehari-hari jarang sekali kita menyebut pengajar di perguruan tinggi sebagai guru. Harus dosen. Mereka akan cemberut jika dipanggil guru.

Jadi saya kira ini hanya persoalan waktu, kapan para penyusun KBBI merevisi pengertian mudik menjadi lebih terspesialisasi lagi, menjadi “pulang ke kampung halaman untuk merayakan idul fitri”.

Yang Lebih Penting dari Soal Makna

Di luar perdebatan soal tetek bengek berbahasa ini, saya justru penasaran, sejauh mana pemerintah pusat memastikan dan mendukung fasilitas kekarantinaan di kota-kota kecil dan desa tujuan mudik? Apakah sudah ada protokol fasilitas dan perlakuan kekarantinaan yang disosialisasikan—disertai dukungan sumber daya—ke kota-kota kecil dan desa-desa?

Saya ragu ini dilakukan sebab dalam PP PSBB, tidak ada ketentuan jelas tentang bagaimana pemerintah daerah harus melakukan tindakan kekarantinaan.

Fakta bahwa banyak migran yang pulang kampung ditolak masuk kampung halaman, bahkan ada pula yang dianiaya aparat, membuktikan tidak ada atau tidak ditegakkan protokol seperti itu.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *